viannevia

Tuesday, May 02, 2006

Adat

Kemaren nonton Extravaganza rame-rame. Temen saya nanya "Itu bisa dipake gak?" Saya jawab "Bisa, tapi diputer dulu". Sedetik setelah tu, Tora di TV sedang megang papan rambu ngomong "...harus diputer...". Hahaha.. kok pas banget sih. Sekarang saya sering juga mengalami serba kebetulan. Sering banget malah :)

Kebetulan yang mengingatkan saya pada obrolan beberapa hari yang lalu.

Makan di pojokan A3. Temenku curhat nyokap cowo yang naksir berat dengannya bilang "Perempuan kalo bukan orang ****** gak beradat. Kalo kamu nikah dengan bukan orang
****** jangan harap bawa pulang istrimu ke rumah, kecuali kamu masih pengen ngeliat ibumu.."

Wah.. wah.. another kisah nyata arogansi suku bangsa Indonesia. Kali ini muncul dari pulau bagian barat. Saya sering mendengar kisah serupa dari pulau lain. Saya bilang "Waw gak beradat ya? emang adat tuh apaan sih artinya? sama2 keturunan Adam ini"

Kita ngebahas silsilah keluarga, temenku campuran Jawa Jawa sedangkan saya agak rame campurannya. Kita mengutip ayat AlQur'an populer tentang manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal, dia cerita istri penulis novel "Ayat-ayat Cinta". Kali ini masalah yang gak bikin puyeng karena untungnya temenku gak balik naksir cowo itu :)

Kalimat lebih halus dari arogansi mungkin kebanggaan. Rasa bangga itu masih terlalu kental walau saya tak berbicara dengan data. Saya sendiri pernah bangga cukup banyak campuran daerah mengalir di darah dan lahir di tanah yang gak ada sedikitpun keturunan. Tetapi kebanggaan itu sempat dipertanyakan saat saya kebingungan menjelaskan adat mana yang kupegang, ternyata gak jelas. Rasa bangga itu pernah hilang melihat kenyataan demand yang masih tinggi dan kuat terhadap galur murni. Daripada pusing, jadinya dibikin becanda "Dasar orang daerah ini, daerah anu". Iseng aja karena gakkan ada yang marah.. karena saya pun berasal dari daerah-daerah itu.. hehehe

Kebetulan mana yang mengingatkan saya?

Saya akhirnya bilang ke temenku, "Kebayang kalo semua nikah pencampuran daerah, setelah vie ke Yogya ngeliat budaya yang masih dijaga, mungkin gakkan begitu kalo semua nikah pencampuran. Ya sud, tiap daerah punya aturan masing-masing. Jadi kalo ada yang bersikukuh gak bisa 'digoyang' sama sekali kayak ibu cowo itu, walaupun udah diusahain.. ya kita hormati aja..". Persis sepersekian detik saya ngomong gitu, terdengar dari lantai bawah asrama "kuhormati keputusanmu.." lagu Dewi Yull-Broery. Hahaha.. lagi serius jadinya ketawa. Kok pas banget siiiih.. heheh

Btw, saya baru tahu kalo arti kata 'bujur' di Batak Karo adalah 'terimakasih' dan di Banjar Kalimantan adalah 'benar'. Dulu saya cuma tahu artinya dari pelajaran favorit Geografi dan beda lagi artinya di tanah Parahyangan. Masih banggakah kita? Tentu saja... (seharusnya) Bangga bagi keragaman yang harmonis baik yang berdampingan maupun yang melebur :)

2 Comments:

  • bujur di dalam bahasa sunda itu kan pantat.. :)

    By Blogger nl, at 7:40 am  

  • Muhun Aa.. abdi ge terang :)
    Matakna teu wantun nyeratna :p

    By Blogger vie, at 2:38 pm  

Post a Comment

<< Home